Minggu, 30 April 2023

Hindari Baterai Boros, Persiapkan Smartphone untuk Aktivitas di Luar

mengatasi baterai smartphone cepat habis

Smartphone saat ini sudah menjadi barang penting yang harus dibawa kemana-mana. Jika saat keluar rumah, dan merasa smartphone kita ketinggalan, maka kita akan merasa cemas dan terkadang pada sebagian besar orang rela memutar balik kendaraan untuk pulang, hanya demi mengambil smartphone yang ketinggalan. Namun berbeda cerita, ketika kita sudah membawa smartphone, tapi di tengah perjalanan, baterai smartphone kita habis. Disitu kita tidak akan merasa cemas, dan hanya bisa pasrah sampai menemukan tempat untuk mengisi kembali baterai smartphone kita.

Berbicara tentang baterai, tentunya ketika kita hendak melakukan perjalanan atau aktivitas lebih banyak di luar, maka biasanya kita akan mempersiapkan diri, khususnya baterai smartphone kita, diisi penuh sebelum perjalanan dilakukan. Bahkan pada sebagian orang, mereka juga akan membawa powerbank untuk jaga-jaga jika di tengah aktivitas di luar, baterai smartphone kita habis.

Namun, smartphone-smartphone terbaru saat ini sudah dibekali dengan baterai dengan kapasitas yang relatif besar. Para developer smartphone sudah mengukur berapa daya yang dibutuhkan dengan berbagai fitur dan sensor yang tertanam, agar smartphone bisa bertahan relatif lebih lama sebelum dicas kembali.

Tapi terkadang, perilaku pengguna membuat baterai tidak bertahan sebagaimana desain awalnya. Seperti misalnya menyalakan semua sensor smartphone di saat aktivitas keluar, padahal tidak terlalu dibutuhkan. Atau memasang banyak aplikasi-aplikasi yang memiliki background servis yang selalu menyala sehingga membuat baterai cepat terkuras habis.

Karenanya, coba kita kenali beberapa jenis aplikasi yang mungkin saat ini sudah tertanam di smartphone kita, namun tidak memiliki kepentingan yang urgent, apalagi di saat kita berencana beraktivitas lebih banyak di luar.

Aplikasi Marketplace

Tidak menutup kemungkinan aplikasi ini ada di smartphone kamu. Karena sekarang pola masyarakat dalam berbelanja secara online lebih baik, sehingga penggunaan marketplace sering menjadi aplikasi yang pasti ada di smartphone kita. Masalahnya, masing-masing aplikasi marketplace tersebut, berlomba-lomba untuk mengajak kita berbelanja dengan selalu mengingatkan penawaran-penawaran yang mungkin bisa membuat kita tertarik untuk membukanya. Yang artinya, ada background service yang selalu menyala untuk berulang kali memberikan notifikasi kepada kita akan suatu penawaran-penawaran baru.

Karena itu, jika kita berencana beraktivitas lebih banyak di luar, ada baiknya aplikasi marketplace tersebut sementara kita lepas atau uninstall. Toh nantinya ketika kita ingin berbelanja kembali, kita bisa tinggal menginstallnya lagi, dan login dengan OTP melalui nomer handphone aktif kita.

Aplikasi Sosial Media

Biasanya dalam keadaan di tengah perjalanan, aplikasi sosial media sering kita untuk mengisi waktu agar tidak bosan. Namun, terkadang aplikasi sosial media tersebut hanya kita akses beberapa menit saja. Karena aktivitas di luar yang tidak memungkinkan kita untuk mengaksesnya lebih lama. Karenanya, kita bisa menggunakan alternatif browser untuk mengakses sosial media, sementara aplikasinya bisa kita uninstall sementara waktu.

Memang pengalaman menggunakan aplikasi dengan berbasis browser akan berbeda, namun tidak terlalu signifikan jika penggunaan sosial media tersebut hanya untuk menghabiskan waktumu ketika bosan. Karena aplikasi sosial media juga mengaktifkan banyak sensor yang menyebabkan bateraimu terkuras habis lebih cepat.

Aplikasi Perjalanan

Sebenarnya jika kita beraktivitas di luar, aplikasi perjalanan seperti gojek, grab dan maxim bisa jadi kita perlukan. Namun, ada baiknya sisakan saja satu untuk menunjang aktivitas di luar kita, dan sisanya kita uninstall. Mengingat aplikasi perjalanan juga mengaktifkan banyak sensor yang mempengaruhi lama baterai kita bisa bertahan.

Memang, terkadang kita menginstall banyak aplikasi perjalanan untuk mencari diskon. Namun, ketika itu adalah aktivitas penting, tentunya kita tidak akan memiliki waktu lama untuk sekedar membandingkan harga masing-masing aplikasi. Jadi kita bisa memprioritaskan satu saja, dan lainnya bisa kita uninstall. Toh, nanti ketika kita membutuhkan, kita akan dengan mudah menginstallnya kembali.

Aplikasi Game

Game memang menjadi alternatif aplikasi untuk mengisi waktu luang saat aktivitas perjalanan. Namun, tentunya tidak semua game akan kita butuhkan, mengingat kesibukan kita yang tidak mungkin bisa memainkan game lebih lama. Ada baiknya aplikasi game tersebut sementara kita lepas atau uninstall, dan kita sisakan beberapa yang sering kita mainkan. Atau kita juga bisa memainkan game berbasis web seperti Poki Games, sehingga kita tidak perlu menghabiskan kapasitas memori kita untuk berbagai mancam aplikasi game.

Itulah beberapa aplikasi yang sepertinya perlu kita sortir untuk kita keluarkan dari smartphone kita agar baterai kita tidak boros dan cepat habis, apalagi di saat kita memiliki aktivitas yang lebih banyak di luar.

Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar