Sabtu, 08 April 2023

Apa Pejwan itu Termasuk Istilah SEO?

Dulu saat kaskus masih menjadi komunitas forum terbesar seringkali menjumpai member yang memposting dengan istilah pejwan dan pertamax. Pada mulanya saya berpikir itu adalah istilah-istilah gaul di dunia perforuman, seperti juga kata cendol dan bata. Apalagi setelah membaca tulisan apa itu pejwan dari hasil pencarian google.

Namun setelah mempelajari lebih dalam ternyata pejwan merupakan salah satu istilah SEO juga. Pejwan artinya sama dengan Page One. Sengaja ditulis pejwan karena terkadang untuk orang yang awalnya tahu istilah tersebut dari mendengarkan seseorang berbicara, dan pas kebetulan kurang paham bahasa inggris, maka seseorang akan mencarinya dengan menuliskan pejwan.

Kembali lagi dengan pengertian Pejwan dan Page One, keduanya adalah sama, yang berarti merujuk pada hasil pencarian di suatu platform, dimana suatu konten berhasil muncul dan menempati halaman pertama karena memiliki relevansi dengan yang dicari.

Sebagai contoh, saat mencari di platform kaskus dengan suatu kata kunci tertentu, maka si pencari akan cenderung melihat hasil pencarian mulai halaman pertama terlebih dahulu. Dan memutuskan untuk memilih salah satunya jika tertarik dengan hasil pencarian tersebut.

Analogi platform tadi, juga berlaku pada hasil platform pencarian seperti google. Dan untuk bisa mendapatkan pejwan itu tidak mudah, harus melalui suatu teknis optimasi yang bernama SEO. Namun tidak menutup kemungkinan, tanpa optimasi pun, bisa saja tiba-tiba, suatu artikel muncul di halaman pertama google. Namun, dewasa ini, hal tersebut agak susah dilakukan, karena hampir sebagian besar artikel yang berseliweran di hasil pencarian google adalah hasil dari optimasi masing-masing pemilik konten.

Kenapa Banyak Orang Berkompetisi Mendapatkan Pejwan?

Karena dalam dunia internet, yang dicari adalah traffic dari pengunjung. Dan untuk mendapatkan pengunjung anonim, cara paling populer dilakukan adalah melalui hasil pencarian google.

Tentunya banyak tujuan kenapa orang berlomba-lomba menjadi pejwan. Ada yang sekedar untuk bisa memperkenalkan platformnya, ada juga yang karena alasan adsense. Ataupun alasan lainnya seperti mencoba melatih ilmu SEO yang sedang dipelajari.

Dan ke semua tujuan-tujuan tersebut tentu ujung-ujungnya cuan alias keuntungan. Karena itu, jika kamu membuat suatu platform dan ingin platform kamu bisa diketahui banyak orang, mau tidak mau kamu harus bisa menguasai teknik SEO.

0 komentar:

Posting Komentar