Minggu, 11 Juni 2023

Martin Cooper, Penemu Telepon Seluler

Martin Cooper, Penemu Telepon Seluler

Martin Cooper, seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat, dianggap sebagai orang yang menemukan telepon seluler. Pada tanggal 3 April 1973, saat bekerja di perusahaan telekomunikasi Motorola, Cooper membuat panggilan telepon seluler pertama di dunia menggunakan prototipe telepon seluler yang ia buat.

Panggilan tersebut dilakukan di jalan New York City menggunakan ponsel prototipe Motorola DynaTAC 8000X. Telepon seluler ini merupakan prototipe awal yang lebih besar dan berat daripada telepon seluler yang digunakan saat ini.

Pada saat itu, telepon seluler belum umum dan kebanyakan orang menggunakan telepon kabel yang terhubung ke saluran darat. Penemuan ini membuka jalan bagi perkembangan telekomunikasi seluler dan menjadi tonggak penting dalam sejarah teknologi komunikasi.

Martin Cooper terus berkontribusi pada perkembangan telekomunikasi seluler dan teknologi nirkabel lainnya selama kariernya. Ia diakui sebagai salah satu pionir dalam industri telepon seluler dan dianugerahi berbagai penghargaan atas kontribusinya yang besar dalam bidang tersebut.

Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar